Bangkok, The City of Angel

Guest Post by Linda Bungasalu

Bangkok adalah ibukota negara Thailand dan merupakan salah satu kota metropolotan di Asia Tenggara. Belakangan ini Thailand banyak dilirik oleh wisatawan Indonesia sebagai destinasi tujuan wisata. Jika Anda sudah bosan belanja di Singapura dan biaya ke Hongkong terlalu mahal, Bangkok adalah pilihan yang tepat.

Data Geografis

Lokasi Bangkok berada di tepi barat Sungai Chao Phraya. Sungai Chao Phraya ini adalah sungai utama di Thailand yang panjangnya mencapai 372 kilometer dan berakhir di Teluk Thailand. Daerah administratif khusus Bangkok memiliki luas daerah 1.586,7 m2. Bangkok memiliki nama resmi sangat panjang yang tercatat di dalam Guinness Book of Record yaitu Krung thep mahanakhon amorn ratanakosin mahin‐tharayutthaya mahadilok popnoparat ratchathani burirom udomratchanivet‐ mahasathan amornpiman avatarnsathit sakkathattiyavisnukarmprasit. Panjang sekali, kan?

Cara Ke Sana

Bangkok memiliki 2 bandar udara, yaitu Suvarnabhumi dan Don Mueng International Airport. Bandara Suvarnabhumi melayani penerbangan internasional, termasuk penerbangan dari dan ke Indonesia. Sedangkan Don Mueng International Airport melayani penerbangan domestik, low cost carrier, dan kargo. Beberapa pilihan maskapai penerbangan dari Indonesia:

• Air Asia: terdapat penerbangan langsung dari Jakarta, Surabaya, dan Medan langsung ke Bangkok. Untuk kota‐kota lainnya seperti Makassar, Bandung, dan Yogyakarta harus transit di Kuala Lumpur. Harga normal PP mulai Rp 1.380.000. Total perjalanan 2 jam tidak termasuk transit. Penerbangan dengan Air Asia melalui Don Mueng International Airport.

• Tiger Airways : penerbangan langsung menuju Bangkok dari Jakarta. Harga normal 1.800.000 dengan total perjalanan 3 jam.

• Garuda Indonesia : penerbangan langsung menuju Bangkok dari Jakarta. Harga normal mulai dari Rp 4.100.000 dengan penerbangan 3 jam.

• Malaysia Airlines : via Kuala Lumpur, harga mulai dari Rp 4.350.000 dengan lama penerbangan 6 jam termasuk transit.

Catatan: semua harga untuk penerbangan Bulan Mei 2013.

Selain melalui udara, Bangkok juga dapat dicapai melalui jalur darat dengan bus dan kereta. Southern Bus Terminal adalah salah satu terminal yang melayani rute dari Bangkok ke berbagai kota di Thailand. Stasiun Hualampong melayani hampir semua tujuan di Thailand bahkan luar negeri dengan kereta api. Waktu perjalanan dengan kereta lebih lama dibanding bus karena jalur rel yang cukup padat.

Visa

Pemegang paspor Indonesia tidak membutuhkan visa untuk memasuki wilayah Thailand dengan catatan masa tinggal maksimal 30 hari jika melalui transportasi udara dan 15 hari jika melalui darat. Jika ingin tinggal lebih dari 30 hari, wisatawan harus mengajukan visa turis di kedutaan Thailand terdekat. Masa tinggal maksimal untuk visa ini adalah 60 hari dan bisa diperpanjang.

Transports Lokal

Transportasi umum di BangkokTransportasi dari dan menuju bandara bisa menggunakan taxi, Airport Link, Airport Express Bus, dan bus reguler. Airport Link adalah kereta supercepat yang menghubungkan Bandara Suvarnabhumi dengan pusat kota Bangkok yang mulai beroperasi sejak Agustus 2010.

Bangkok Skytrain atau BTS merupakan sarana transportasi modern yang melayani hampir seluruh wilayah di Kota Bangkok. Tarif sekali naik adalah 15‐40 Baht dan penumpang akan mendapatkan tiket berupa kartu magnetik dengan gambar‐gambar yang sangat menarik.

Bangkok Metro atau MRT beroperasi untuk melengkapi Bangkok Skytrain yang lebih dulu ada. Harga tiket adalah 15‐40 Baht, tergantung jarak yang ditempuh. Berbeda dengan BTS, tiket masuk MRT berupa koin.

Sungai Chao PhrayaChao Phraya Express Boat adalah alat transportasi air yang menghubungkan dermaga‐dermaga (pier) di sekitar Sungai Chao Phraya. Tarifnya sangat murah, 14‐25 Baht sekali jalan. Kawasan Grand Palace dapat dicapai menggunakan Chao Phraya Express Boat. Transportasi air lainnya adalah Saen Saep Express Boat yang menyusuri Kanal Saen Saep. Harga tiketnya 7‐11 Baht, tergantung jauh‐dekatnya jarak yang dilalui.

Taxi meter sangat banyak dijumpai di Bangkok. Namun penumpang harus berhati‐hati karena banyak cerita tentang sopir taxi yang tidak jujur. Jika Anda bepergian bersama 2 atau 3 orang, taxi merupakan transportasi paling praktis dan murah.

Bagi kebanyakan turis, belum lengkap rasanya ke Thailand tanpa mencoba naik Tuk‐tuk. Jika ingin mencobanya, sepakati dulu harganya dengan sopir tuk‐tuk.

Trayek bus di Bangkok sangat banyak dan membingungkan karena tidak ada petunjuk dalam Bahasa Inggris mengenai rute dan tarifnya. Namun untuk turis dengan jiwa petualang, bus adalah sarana transportasi yang paling murah.

Mata Uang

Thailand Baht (THB) = Rp 331

Zona Waktu

Sama dengan WITA (GMT + 7)

Waktu Terbaik Berkunjung

Bangkok memiliki iklim tropis dan lembab sepanjang tahun, sama seperti Jakarta. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada musim dingin (November‐Februari) yang merupakan kombinasi tepat antara musim penghujan dan kemarau. Jika Anda menyukai festival dan perayaan tradisional, datanglah di pertengahan bulan April dimana berlangsung Songkran Festival atau Tahun Baru Thailand. Pada perayaan ini, jangan kaget bila Anda tiba‐tiba disemprot air pada saat berjalan‐jalan di kota dan melihat orang saling perang air.

Itinerary

Untuk menjelajahi kota Bangkok dengan puas dibutuhkan setidaknya 5 hari. Lebih lama semakin baik, karena kota Bangkok menawarkan banyak obyek menarik. Berikut adalah contoh itinerary di Bangkok

Hari Pertama

Malam : Tiba di Don Mueng International Airport pukul 20:00 dengan Air Asia

Hari Kedua

Siang : Mengunjungi Grand Palace, Wat Pho, Wat Arun.

Malam : Menikmati Khaosan Road

Hari Ketiga (akhir pekan)

Siang : Mengunjungi Chatucak Market

Malam : Menonton pertunjukan Siam Niramit

Hari Keempat

Siang : Chinatown, Jim Thompson’s House, Madam Tussaud, Pratunam Malam : Silom Street

Hari Kelima

Pagi : Kembali ke Indonesia dengan Air Asia

Akomodasi

Area sekitar Khaosan Road adalah pilihan terbaik untuk mencari akomodasi murah. Letaknya juga strategis, dekat dengan Grand Palace dan Sungai Chao Phraya. Kebanyakan Hostel dan Guesthouse berlokasi di Samsen Road, Soi Rambutti, dan Tanao Road. Tarif untuk guesthouse mulai dari 300 – 1300 Baht. Jika senang belanja, LubD Siam Hostel adalah pilihan yang tepat karena lokasinya di sekitar stasiun BTS, National Stadium dan pusat perbelanjaan. Harga untuk kamar tipe dorm mulai dari 400 Baht.

LubD Bangkok

925/9 Rama 1 Road, Wang Mai, Pathumwan, Bangkok 10330 Thailand Tel: +66 (0) 2612 4999 | Fax: +66 (0) 2612 4449
Email: contact.siam@lubd.com
GPS: 13.746722,100.528711

Obyek Wisata

Grand PalaceGrand Palace

Grand Palace berada di Distrik Rattanakosin. Di dalam kompleks ini terdapat Paviliun of Regalia dan Temple of Emerald Budha yang merupakan tempat untuk menyimpan patung Budha yang terbuat dari giok hijau. Tiket masuk seharga 500 Baht sudah termasuk tiket ke Dusit Palace yangberlaku hingga 7 hari. Datanglah dengan pakaian tertutup dan sepagi mungkin sebelum rombongan tur membanjiri tempat ini. Grand Palace dapat ditempuh dengan Chao Phraya Boat Express. Turunlah di Thai Tien Pier dan berjalan kaki ke arah barat.

The Temple of Emerald BudhaWat Pho

Wat Pho atau The Temple of The Reclining Budha merupakan kompleks vihara terluas di Thailand dengan patung Budha dalam posisi merebahkan diri yang merupakan terbesar di dunia. Wat Pho Buka setiap hari dengan tiket masuk seharga 100 Baht. Sebaiknya Anda membayar dengan uang pas karena pihak tiketing sering tidak memiliki kembalian. Berada di selatan kompleks Grand Palace, Wat Phao dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 5 menit dari Grand Palace.

Wat Arun

Wat ArunBerada di seberang area Rattanakosin. Dapat ditempuh dengan menyeberang Sungai Chao Phraya dan membayar 3 Baht. Seluruh dinding bangunan ini dihiasi ornamen cantik dari pecahan keramik China. Naiklah sampai anak tangga paling atas dan nikmati pemandangan Bangkok yang sangat mempesona. Tiket masuk 50 Baht.

Dusit Palace

Merupakan kompleks istana dan kantor pemerintahan yang dibangun oleh Raja Chulalongkorn. Berada di Kawasan Dusit, dapat dicapai dengan naik bus no.25 dari Victory Monument. Tiket masuknya bisa didapatkan gratis dengan membeli tiket masuk Grand Palace.

Chinatown

Area Yaowarat atau Phahuarat adalah pusat komunitas etnis China terbesar di Thailand. Chinatown merupakan pusat perdagangan etnis China yang paling orisinil. Kawasan ini dapat dicapai dengan Chao Phraya Express Boat, turun di Rachawongse Pier.

Siam Square

Kawasan ini dipenuhi mal, hotel, restoran, dan butik mewah dan merupakan pusat bisnis terbesar di Bangkok. Di sekitarnya terdapat Mah Boon Krong, Siam Paragon, Jim Thompson’s House, Platinum mall, dan Pratunam Market. Siam Square dapat dicapai dengan BTS Sukhumvit Line atau Silom Line dan turun di National Stadium Station.

Chatucak

Adalah weekend market terbesar di dunia. Luasnya mencapai 1,15 km2 dengan lebih dari 8000 kios di dalamnya. Pasar ini hanya buka pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 7 pagi. Sebaiknya datang sekitar pukul 9 pagi sebelum suasana panas dan padat. Dapat dicapai melalui BTS Mochit Station, keluar melalui Exit I atau dengan MRT turun di Chatucak Station.

Siam Niramit

Jika senang seni pertunjukan, sebaiknya anda membeli tiket Siam Niramit. Tiket ini banyak dijual oleh agen wisata di sekitar Khaosan Road seharga 900‐1200 Baht. Merupakan seni pertunjukan dengan performa terbanyak di dunia, tercatat di Guinness Book of Record. Gedung pertunjukan dapat dicapai dengan BTS, turun di Thailand Cultural Centre Station, keluar melalui Exit I dan shuttle bus sudah siap mengantarkan anda ke gedung pertunjukan. Pertunjukan Siam Niramit dimulai pukul 8 malam setiap hari.

Makanan

Jika tinggal di kawasan Khaosan Road, cobalah Thai Pad, yaitu makanan khas Thailand yang berisi sayuran, ebi, dan diberi saos. Harganya sekitar 50‐100 Baht. Pada malam hari suasana Bangkok ramai dengan penjual makanan yang kelihatannya sangat lezat. Hati‐hati bagi umat muslim, sebagian besar makanan di Bangkok mengandung pork. Rumah makan dengan sertifikasi halal dapat ditemui di sekitar obyek wisata.

Profil kontributor:

Linda Bungasalu adalah asitek asal Makassar berusia 27 tahun yang gemar traveling tapi masih belum berani menyebut dirinya backpacker. Hobby tawar-menawar di pasar oleh-oleh dan mencoba street food dimanapun. Tidak bisa berenang, apalagi diving. Takut ketinggian tapi bercita-cita bungee jumping di Macau dan sky diving di New Zealand.

Silakan kunjungi blog Linda di: www.lindabungasalu.blogspot.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Leave a Reply

CommentLuv badge

Our Guests

Tips

About The Author

KeLuar Negeri

KeLuar Negeri

Indonesian travel enthusiast. 20 countries, hundreds of cities, millions of experience. Join me and share your journey at http://www.keluar-negeri.com

View Full Profile →

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.