Berkunjung ke Hampton Court Palace, England, United Kingdom

Sejak beberapa tahun belakangan, saya agak terobsesi dengan sejarah keluarga kerajaan Inggris. Awalnya dari menonton film The Other Boleyn Girl yang mengisahkan tentang permaisuri kedua raja Henry VIII, berlanjut menjadi tertarik membaca mengenai raja Henry VIII, lalu dinasti keluarga raja Henry VIII (Dinasti Tudor), dan terus berlanjut ke ‘atas’, ke ‘bawah’ dan ke ‘samping’-nya. Film The Other Boleyn Girl sendiri diangkat dari novel berjudul sama karangan Philippa Gregory. Gara-gara film itu juga, saya jadi keterusan membaca semua novelnya dan dari situ saya sedikit banyak hafal silsilah keluarga kerjaan Inggris.

Tentu saja saya paling tertarik dengan Henry VIII. Bayangkan saja, mendiang raja yang konon ganteng luar biasa di saat muda ini, memiliki 6 orang istri, 2 diantaranya dipenggal kepalanya atas perintahnya! Beliau juga yang bertanggungjawab atas perubahaan mendasar sistem gereja Inggris, yang mana tadinya berkiblat ke kota Vatican, Roma, seperti laiknya semua kerajaan lainnya di Eropa, menjadi sistem gereja protestan di mana pemimpin tertingginya adalah… raja atau ratu Inggris! Tidak itu saja, ayah Henry VIII adalah raja yang menyatukan 2 kubu keluarga ningrat Inggris yang paling kuat (The House of Lancaster dan The House of York), serta mengakhiri perang besar yang dikenal dengan nama War of the Roses yang telah berlangsung selama 30 tahun.

Di saat yang sama, saya juga tertarik mengetahui lebih dalam mengenai sejarah Mary Queen of Scot karena saya kebetulan pernah tinggal di Skotlandia dan mendengar cerita mengenai ratu malang ini. Nah, salah putri Henry VIII, yaitu Elizabeth I, adalah ‘musuh bebuyutan’ Mary Queen of Scot. Beliaulah yang mengeluarkan keputusan untuk memenggal kepala ratu Mary. Like father like daughter!

Atas dasar itu, saat mengunjungi kota London kesekian kalinya di tahun 2010, saya berniat melihat Hampton Court Palace dari dekat. Menurut sejarah, istana ini dibangun oleh Kardinal Thomas Wolsey, salah satu penasihat penting raja Henry VIII, sekitar tahun 1514. Namun saat Kardinal Thomas Wolsey gagal memenuhi tuntutan raja Henry VIII, istana tersebut diambil dari tangan Wolsey dan menjadi milik raja Henry VIII pada tahun 1529.

Tampak depan Hampton Court Palace. Dari gerbang depan menuju pintu depan istana kira-kira membutuhkan waktu 5 menit berjalan kaki

 

Lokasi istana ini agak luar kota London, meskipun tidak terlalu jauh, sekitar 19 kilometer. Untuk mencapainya, kita hanya perlu menuju stasiun kereta Waterloo di London yang akan membawa kita langsung ke Hampton Court. Perjalanan ke sana memakan waktu sekitar setengah jam. Desa Richmon Upon Thames sendiri juga menarik untuk dikeliling, apalagi daerah di sekitar Sungai Thames banyak kapal yang hilir mudik membawa turis di sepanjang sungai. Dari stasiun kereta kita hanya perlu berjalan kaki sejauh 200 meter untuk mencapai istana.

Tampak depan dan belakang Hampton Court Palace

 

Tiket masuknya memang agak mahal, sekitar £17.00, namun karena area istana dan kebunnya sangat luas, saya menghabiskan waktu seharian penuh di sana. Ada pula pilihan audio guide yang akan menuntun kita mengelilingi setiap sudut penting di istana tersebut sambil menerangkan cerita dibaliknya.

Raja Henry VIII di masa tuanya.

 

Pintu masuk ‘Anne Boleyn’, mengabadikan nama permaisuri kedua raja Henry VIII

 

Kardinal Wolsey yang malang

 

Apartemen Henry VIII yang disebut The Great Hall, di situ ia menikahi istri ke-6nya

 

Fakta menarik mengenai dinasti Tudor

 

Area ini disebut King William’s Staircase

 

Pemandangan dari kamar tidur raja Henry VIII

 

Peraga yang menunjukkan bagaimana caranya keluarga kerajaan bersantap di jaman Tudor

 

Aha! Raja Henry VIII (yang diperankan oleh seorang aktor, tentunya!)

 

Ini salah satu sunken garden ‘kecil’ yang berada di samping istana

 

Kereta kuda yang bisa disewa untuk berkeliling kebun raya

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Leave a Reply

CommentLuv badge

Our Guests

Tips

About The Author

KeLuar Negeri

KeLuar Negeri

Indonesian travel enthusiast. 20 countries, hundreds of cities, millions of experience. Join me and share your journey at http://www.keluar-negeri.com

View Full Profile →

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.