Bila Aplikasi Visa Schengen Ditolak di Kedutaan Jerman (1)

Tanpa direncanakan, ternyata saya paling sering jalan-jalan ke Jerman. Selain untuk mengunjungi keluarga yang tinggal di sana (yang entah kenapa banyak yang menikah dengan warga negara Jerman dan menetap di sana), saya cukup pede keliling sendirian karena masih mudeng bahasa Jerman, sisa-sisa les di Goethe Institute dulu. Tahun lalu, dalam rangka mudik tahunan ke UK mengunjungi keluarga pasangan saya, saya ngebet ingin mengunjungi  Kastil Neuschwanstein, yang konon menjadi sumber inspirasi bagi Walt Disney untuk dongeng Sleeping Beauty-nya, di Jerman Selatan, dan saya berhasil membujuk miss P, travel buddy saya, untuk belok ke Jerman (dan Austria) setelah liburan di UK.

Karena kami akan menghabiskan waktu paling lama di Jerman, sesuai dengan ketentuan aplikasi visa Schengen terbaru, kami harus mengajukan aplikasi kami ke kedutaan Jerman di Jakarta. Sebagai seorang yang sudah paham banget seluk belum pengajuan visa Schengen, apalagi saya sudah memiliki beberapa visa Schengen dari Indonesia maupun UK, saya cukup yakin kalau aplikasi saya akan disetujui tanpa masalah.

Apa yang terjadi?

Sekitar 10 hari sebelum jadwal keberangkatan kami, saat mengambil kembali paspor kami di Kedutaan Jerman, saya mendapati bahwa permohonan visa Schengen saya ditolak. DITOLAK!!

Dengan tidak percaya, saya membaca surat yang dilampirkan di paspor saya. Pada surat tersebut disebutkan bahwa informasi yang saya berikan tidak memenuhi persyaratan yang diminta. Sungguh alasan yang tidak jelas, karena saya yakin bhuangedd bahwa saya memenuhi semua persyaratan yang diminta.

 

Setengah marah dan luar biasa panik, karena tiket sudah terbayar dan hotel sudah mulai menarik biaya penginapan dari kartu kredit saya, saya bertanya pada petugas wanita di loket penerimaan visa. Dengan judes ia membentak saya untuk membaca keterangan pada surat terlampir. Sambil berusaha menahan emosi, saya menjawab bahwa saya sudah membaca alasan penolakan aplikasi saya, namun saya tidak bisa menerima penolakan ini. Satu, karena saya yakin, seyakin-yakinnya, saya tidak punya kesalahan dalam pengajuan aplikasi. Semua dokumen yang saya lampirkan adalah benar adanya, valid dan bisa dicek keabsahannya. Kedua, saya tidak terima bila paspor saya memiliki cap penolakan visa, karena nasib saya yang mengharuskan saya berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain. Lha sekarang ngurus visa biasa aja susahnya setengah mati, apalagi kalau ada catatan pernah ditolak, bisa-bisa saya lebih merana lagi.

Jadi saya ngotot bertanya: apa yang harus saya lakukan? Apa langkah berikutnya?

Masih dengan judesnya – sungguh, saya belum pernah bertemu petugas kedutaan yang segalak ini, dulu pertama kali mengajukan berkas visa ke kedutaan yang sama, saya dilayani dengan sangat ramah oleh seorang staffnya – ia berseru bahwa saya seharusnya “baca saja suratnya, di situ kan sudah dikatakan bisa ajukan lagi!!”

Tidak puas, saya melengos pulang, dan mengabarkan berita buruk ini ke miss P. Miss P sendiri aplikasinya juga ditolak karena kami mengajukannya bersama-sama. Padahal, miss P masih bekerja di sebuah perusahaan beken asal Jerman, masa kedutaan nggak percaya kami anak baik-baik, sih?

Setelah mencari informasi di website kedutaan Jerman, saya hanya menemukan sepenggal informasi yang menyatakan bahwa:

Jika Anda tidak setuju dengan keputusan Kedutaan, Anda masih mempunyai kesempatan untuk memohon pemeriksaan ulang  aplikasi Anda. Proses ini dinamakan pengajuan keberatan/banding. Silahkan Anda membaca di lembar ketentuan kami.

Masih tidak puas, saya berpuluh-puluh kali membaca butir ke-satu pada surat penolakan saya. Di situ dikatakan bahwa permohonan banding tertulis bisa diajukan dalam waktu sebulan setelah keputusan yang dikeluarkan oleh kedutaan. Kalimat berikutnya, “the fact establishing the grounds for the appeal and relevant supporting documents should also be submitted if this was not already done at the time of visa application” makin membuat saya sakit kepala, sehingga saya memutuskan untuk mengirimkan email ke kedutaan Jerman untuk menanyakan langkah apa yang harus saya ambil, dan pada dokumen apa saya melakukan kekeliruan sehingga di aplikasi berikutnya dapat saya perbaiki. Bisa saja mereka berdalih KTP saya bukan KTP Jakarta, jadi saya harus mengajukannya di konsulat jenderal. Atau karena saya penduduk sementara Australia, jadi saya harus mengajukan aplikasi visa di Australia. Atau bukti keuangan yang saya lampirkan bukan dari bank di Indonesia. Banyak skenario ‘kekeliruan’ yang mungkin saya lakukan, sehingga daripada menduga-duga tidak jelas, lebih baik langsung saya tanyakan saja.

Di email itu juga saya sebutkan bahwa saya pernah memperoleh visa Schengen dari kedutaan Jerman Jakarta beberapa tahun lalu, dan beberapa visa Schengen berikutnya saya dapatkan dari kedutaan negara lain baik di Jakarta maupun di London. Saya tambahkan pula bahwa saya sangat ingin mengunjungi Jerman kali ini, karena melihat Kastil Neuschwanstein adalah salah satu cita-cita traveling saya.

Email saya dibalas keesokan harinya. Di situ dikatakan bahwa alasan mereka menolak permohonan visa saya adalah karena salah satu atau lebih reservasi hotel tidak mereka temukan atau telah dibatalkan saat mereka melakukan pengecekan langsung.

Wwhhattt??!!

Membaca jawaban yang datang, saya makin naik daun pitam. I mean, come on, dengan pengalaman saya mengurus visa lebih dari sekali setiap tahunnya, mana mungkin sih saya melakukan kesalahan sebodoh itu? Saya langsung membalas email dari kedutaan Jerman itu dan mengatakan bahwa nampaknya ada kekeliruan pada proses pengecekan tersebut karena reservasi hotel baru saya buru-buru batalkan setelah pengajuan visa saya ditolak. Tentu saja saya melampirkan bukti email pembatalan dan konfirmasinya, dan di email dari masing-masing hotel jelas tertera tanggal pembatalan yang jelas-jelas terjadi setelah aplikasi saya ditolak.

Saya ingat itu hari Senin atau Selasa. Jadwal saya dan miss P untuk berangkat ke London adalah di hari Jumat. Tapi saya bertekad akan terus mengajukan banding, kalau perlu sampai ke pengadilan administrasi di Berlin sesuai butir ke-dua, sampai paspor saya kembali bersih.

 

Bersambung ke bagian 2.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
48 Comments
  1. Hi mbak…
    Blog nya bermanfaat banget buat saya yang lagi apply visa keluarga:D.
    mau nanya mbak,alamat email embassy buat nanyain detail alasan penolakan visa, apa ya mbak..?

    terimakasih

  2. Hi Harry, thanks. Waduh saya lupa alamat email kedutaan Jerman apa, udah setahun lalu soalnya saya ‘berantem’nya, tapi seingat saya, saya mengirimkan email keberatan itu lewat website mereka. Coba cek https://jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/Kontakt.html . Kalau saya boleh kasih saran, sebaiknya jangan apply visa Schengen lewat kedutaan Jerman, coba kedutaan lain yang lebih lunak, misalnya Spanyol atau Italia. Hanya memang jadinya harus menghabiskan waktu paling banyak di negara pemberi visa tersebut. Good luck!

  3. Hello Mba,
    Mau tanya dong, aku kan udah pernah dapet refusal visa Jerman 5 bulan yll.. ini lagi cari2 info menurut mba apply lagi lewat jerman atau lewat Belanda?
    Terimakasih 🙂

  4. Hi Cynthia, saya tidak tahu kasus yang kamu alami seperti apa. Kasus saya adalah saya tahu bahwa saya benar sehingga saya langsung mengirimkan surat keberatan atas penolakan mereka. Apakah kamu sudah mengikuti proses yang mereka sarankan? Apakah penolakan mereka bersifat permanen? Patut diingat bahwa visa Schengen berlaku untuk 24 negara di Eropa sehingga bila pernah ditolak di satu negara maka permohonan visa selanjutnya akan jauh lebih sulit, meskipun aplikasi dikirimkan ke negara berbeda.

  5. Hallo Mba Keluar Negeri,
    Ralat sedikit boleh ya? Visa Schengen berlaku untuk 26 negara di Eropa (bukan 24) setau saya. Trims. België
    Denemarken
    Duitsland
    Estland
    Finland
    Frankrijk
    Griekenland
    Hongarije
    Italië
    Letland
    Liechtenstein
    Litouwen
    Luxemburg
    Malta
    Nederland
    Noorwegen
    Oostenrijk
    Polen
    Portugal
    Slovenië
    Slowakije
    Spanje
    Tsjechië
    IJsland
    Zweden
    Zwitserland

  6. Thank you for the update & correction. Waktu blogpost ini dibuat (September 2011), Liechtenstein belum termasuk Schengen (baru termasuk Desember 2011) dan saya lupa menghitung Swiss karena dulu masuk Swiss juga butuh visa terpisah.

  7. hi mau tanya kan bulan may nanti saya dan adik saya mau ke jerman dan tanggal 16 april ini udh appointment di embassy jerman. mau tanya soal kartu keluarga kan mesti asli dan fotokopy tapi kita kan cuman ada 1 kk asli jadi gimana ya? apa kita mesti booking waktunya beda2? dan berapa lama ya passport kita di tahan untuk apply visa nya? thanks

  8. Hi Lusi,
    Seingat saya, sesuai informasi di website, proses Schengen visa butuh 10 hari kerja – jadi Sabtu & Minggu tidak dihitung. Jadi total kurang lebih 2-3 minggu, tergantung kedutaan sibuk atau enggak. Kalau apply-nya barengan karena berangkatnya bersama-sama, nanti ke konter aplikasi juga bareng, jadi tidak masalah KK asli atau fotokopi. Semoga membantu ya.

  9. owh jadi passportnya nanti di pegang pihak imigrasi ya? aku kan appy tgl 16 visanya tapi tgl 25 aprir ak mau ke singapore jadi gimana ya? di website ada tulisan prosesnya di selesaikan dalam 3 hari kerja itu gimana ya? thanks ya

  10. Mbak, saya dan keluarga rencana mau liburannya ke Jerman lebaran ini. Krn berhubung kita spend most of our time di Jerman, jadi rencananya terpaksa Apple visa Dr Jerman. Saya juga sudah melakukan reservasi hotel di sana dan pembayaran akan dilakukan langsung di sana. Di dalam surat konfirmasi booking hotel di tulis payment Will be Made during arrival time. Apa itu bermasalah gak yah?

  11. Hi Emy, seingat saya selama sudah punya konfirmasi hotel booking, itu cukup bagi pihak kedutaan. Yang pasti booking-nya harus langsung dari hotel yang bersangkutan, karena kedutaan Jerman masih agak kuno sistemnya dan tidak menerima kalau kita book hotelnya dari agent seperti agoda, hotels.com, atau booking.com. Semoga membantu yaa.

  12. Hi Lusi,
    Jelaskan saja ke petugas di konter-nya, kadang-kadang mereka mengijinkan paspor diambil lagi sambil visa diproses. Kadang-kadang tidak bisa, tergantung kedutaan masing-masing. Saya sendiri nggak pernah butuh paspor ditengah-tengah proses visa, jadi maaf tidak bisa bagi pengalaman.

  13. hi sorry mau tanya lagi kan rekenin koran saya dari mama saya itu meti buat surat penjamin, itu suratnya musti buat di notaris ya?

  14. Hi Mba aq mau tanya aq apply visa ke Jerman untuk kursus bahasa jerman di Munchen ternyata ditolak karena alesannya di Goethe Institute Jakarta juga bisa dan kerjaan saya gak terlalu penting menggunakan bahasa inggris ( herann gak mau liat orang maju banget deh 🙁 ) terus saya disuruh buat appeal letter, saya udah buat sih, yang mau saya tanya ada trick2 nya gak yah buat surat itu, terus kalau misalnya tetep ditolak juga gimana nasib saya kalau mau apply dari belanda or negara schengen lain nya yah ? perlu rehat berapa bulan dulu sih mba baru boleh reapply di kedutaan jerman or apply di kedutaan yang lain ? btw paspor aq sih blom ada cap penolakan nya soalnya gak pernah diminta lg setelah dicap untuk di proses..makasih yah mba

  15. Sorry to hear that. Saya sendiri tidak sampai pada tahap membuat appeal letter – kecuali bila email saya dihitung ya. Pengalaman saya adalah yang seperti saya ceritakan, saya protes/komplain/bertanya lewat email dan langsung dijawab oleh pak kepala urusan visa di kedutaan Jerman. Dari komunikasi tersebutlah beliau menyuruh saya langsung apply lagi setlah saya memberikan bukti bahwa alasan penolakan mereka tidak benar.

    Saya sarankan langsung bertanya saja ke mereka – lebih baik lewat email daripada telepon sehingga ada bukti untuk dokumentasi nantinya – hal-hal yang mengganjal sebelum proses appeal dimulai.

    Seingat saya waktu saya apply visa di konjen Jerman di Perth Australia, mereka ada brosur-brosur yang menawarkan kursus intensif bahasa Jerman langsung di Jerman. Jadi kalau memang berniat mengambil visa lewat jalur tersebut, gunakan organisasi yang diakui oleh mereka, dan sertakan bukti booking dan lain-lain sehingga kedutaan melihat bahwa kamu serius merencanakan perjalanan ke Jerman. Good luck!

  16. Makasih yah Mba infonya doakan saya saja semoga ada pencerahan 😀

  17. Wah, kedutaan Jerman (dan Polandia) terbukti yang lumayan susah nge-golin Schengen visa. Sdh pengalaman bbrp kali bantu teman dan ditolak visanya. Untung masih bisa banding dan akhirnya lulus juga. Phew.
    transvectio´s last blog post ..Turnamen Foto Perjalanan Ronde 15 : Pasangan

  18. Transvectio, mungkin kedutaan Jerman di Indonesia yang (memper)sulit. Saya tahun lalu apply di Perth, Australia, gampang-gampang saja. Booking hotel lewat agent seperti hotel.com, expedia atau agoda juga tidak apa-apa. Tidak seperti kedutaan Jerman di Jakarta yang mewajibkan kita book langsung ke hotel. Travel insurance juga begitu. Di Perth terserah saya mau pakai apa selama batas minimum coverage-nya dipenuhi. Sedangkan di Jakarta wajib pakai insurance yang ditunjuk kedutaan, padahal coverage travel insurance saya jauuuhh lebih besar, tapi tetap saja disuruh pakai yang ditunjuk oleh kedutaan. Very silly.

  19. Pengajuan visa kerja saya ditolak. Dan saya udah mengajukan banding 2 mgg yang lalu. Trus saya coba confirm ke Kedutaan via telpon. Tapi sampai setengah mati gak ada yang bisa di hub-i. Ada info no telp kedutaan yang bisa di hub-i untuk menanyakan banding saya(kalo mmg bisa nanya proses banding).
    Tq

  20. Di Kedutaan Jerman.. Maaf, belum saya sebutkan comment sebelumnya. Tq

  21. Sorry,
    Saat itu saya cuma mengirimkan email menanyakan mengapa visa saya ditolak dan langsung dibalas. Saya tidak pernah berkomunikasi lewat telepon.

  22. Hai mba aku mau tanya dong kalo aku mau mengajukan visa menggunakan invitation letter untuk visa schengen jerman, itu ketika membuat appointment sayya pilih visa tourist atau visa for visit ya?

  23. saya plan akan ke jerman n poland. apakah yg hotel di poland juga hrs dibooked lewat web hotelnya? thanks ya bantuannya
    lanmei´s last blog post ..Dark Sky Meter

  24. Hi Lanmei,
    Kalau kamu apply vsa Schengwn lewat kedutaan Jerman, mereka hanya mau meneruma hotel booking lewat masing-masing hotelnya langsung, jadi jangan pakai agent seperti agoda atau expedia.

  25. Hi Mba,
    Saya mau nanya.. saya rencananya akan membuat visa schegen melalui embassy jerman. pacar saya org jerman jd visa schegen apa yg saya harus ambil? tourist visa atau visit visa? trus berkas apa-apa saja yg saya harus persiapkan contoh nya KTP etc. Thank you

  26. Hi Viani,
    Kayaknya paling sip langsung tengok website kedutaan Jerman deh. Peraturan mereka selalu berubah-ubah jadi sebaiknya mengacu ke sana saja.

  27. mba, mau nanya dong apakah di kedutaan ditanya NPWP gak?
    karena ada yang bilang harus pake NPWp dan ada yang bilang ga perlu,
    jadi bingung nih mana yang bener?

    karena kartu NPWP ku hilang, bikin lagi butuh waktu 1 minggu sedangkan saya pergi 15 mei.
    Mohon pencerahannya

  28. Coba cek langsung persyaratan visa di website kedutaan Jerman, semua dokumwn yang diperlukan disebutkan di sana secara terperinci kog.

  29. Mas, jadi permanent resident australi bisa urus visa di indonesia ya? Saya lagi kepepet waktu banget soalnya uk visa ternyata makan waktu 3-5 minggu pengurusan di perth sementara di indonesia hanya 2 minggu dan schengen italy makan waktu 2 minggu sedangkan saya hanya punya waktu 6 minggu dari sekarang

  30. Hai mbak 🙂 saya kemaren udah bikin visa residence permit di kedutaan jerman di jakarta. Keperluan saya internship di salah satu perusahaan di jerman. Ini pertama kali saya bkin visa ke jerman. Saya mo nanya hal sepele sih. Abis isi blanko tambahan trus ibu ddlm kaca bilang “sudah slse tunggu 6-8 minggu lagi” brrti urus aplikasi sdh slsesai kan ya? trus paspor kita yg bawa atau ditinggal di kedutaan ya? Soalnya passpor saya dikasih ke saya lagi beserta kuitansi pembayaran visa. Waktu saya liat disana org yg mau ambil visa hanya menunjukan kuitansi aja,ga pake paspor lagi. Jadi takut :/ apa itu tanda ditolak? 😮

  31. Hi Aswin,
    Maaf saya kebetulan juga sedang jalan-jalan jadi baru sempat mengecek blog ini. Semoga semuanya lancar.

  32. siang mbak…
    saya mau tanya. saya apply visa kursus
    bahasa jerman untuk 1 tahun. saya
    sudah mempersiapkan dan membayar
    semuanya mulai dari kursus, tiket
    penerbangan, asuransi dll. saya sudh
    menunggu 10 Minggu. dan ternyata
    visa saya ditolak. Ironisnya visa saya
    ditolak disaat saya harusnya saya
    berangkat kemarin tanggal 18 juli.
    saya sangat sedih karena saya belum
    pernah menerima penolakan dan saya
    sudah mengeluarkan uang lebih dari
    3000 euro hanya untuk omong kosong.
    saya sangat kecewa dan saya nangis
    dari kemarin ga berhenti. saya mau
    tanya, kalau kita ditolak, mengajukan banding seperti apa? itu bisa langsung diajukan atau harus menunggu dulu? berapa lama? dan proses banding visa itu berapa lama ya? saya ga ngerti pengajuan
    banding visa seperti apa. Dan apabila
    saya mau mengajukan visa lain seperti
    visa kunjungan di kedutaan jerman ,
    apakah visa saya akan ditolak lagi?
    Terimakasih mohon bantuannya.

  33. Hi Didie,
    Ada surat penolakan dari kedutaan kan? Alasan ditolak kenapa? Di surat penolakan itu harusnya ada prosedur pengajuan banding bagaimana.

  34. Hi Mbak,

    Kalau misalnya susah apply visa schengen dari Jerman, apakah bisa apply visa dari negara lain yg lebih mudah tapi tanpa kita harus mengunjungi negara itu. Let say, aku apply dari spain, tapi memang tidak ada rencana akan ke spain.

    Terimakasih atas bantuannya.

  35. Hi Olie,
    Coba baca lagi ketentuan pengajuan visa Schengen. Sudah jelas tertulis bahwa applicant harus menghabiskan waktu terlama di negara tempat di mana applicant mengajukan visa.

  36. Siang Kak, kemarin saya mengajukan visa utk aupair, dalam tahap interview dan pengecekan surat perjanjian pihak kedutaan telah menolak saya secara lisan dengan alasan bahwa aupair harus tinggal bersama dengan majikan, sedangkan di surat perjanjian saya tidak tinggal dengan majikan, yang mau saya tanyakan harus bagaimana bentuk kerjasama yang seharusnya ??? dan berapa lama saya harus menunggu untuk membuat appointment berikutnya, terima kasih

  37. hii mbak..
    aq lg sedih banget nih.. aq dapat surt penolakn, pdahal aq dah banyak ngorbanin materi, tenaga, waktu etc.. mbak aq kenax d point k 8 n 9, mereka ngak percaya dg omongn sy.. ap ya yg harus saya lakukan, ap saya harus membuat surat yg menerangkan semua kebenaran mengapa saya ke Jerman, padahal sebelumx sy udah sy terangin.. tp ngk tau salahx d mana, sy bkin visa touris mbak.. mhon saranx ya..

  38. Hallo kak , sumpah hari ini gw sedih banget , Sabtu depan gw udh harus cabut ke jerman tp sampai skarang blm dapat Visa juga . udah 8 minggu ni, petugas sono pada jutek , gw takut di kembaliin semua data w , saran dong , gw harus gimana kak ? T_T

  39. hai mbak..

    aku kan udh bikin appoinment nih untuk visa schengen di kedutaan jerman trus mau cancel dan buat appoinment yang baru gimana ya ?

    thanks.

  40. Hi semua,

    Sekedar info aja,
    ini dr pengalaman pribadi saya ketika saya mengurus perpanjangan reisepass saya dikonsulat diJerman, yang tentu saja banyak petugas orang indonesianya, ternyata sistem ribetnya tidak jauh berbeda dengan yang diIindonesia. Dan beberapa petugasnya pun sangat ketus seperti yang diceritakan oleh mbak luar negeri, padahal pada saat itu kesalahan informasi yang kurang jelas ada dipihak mereka. Beberapa teman teman saya yang dijerman juga mendapatkan pengalaman yang sama mengenai pelayanannya.Pada akhirnya kami bisa memaklumin, hanya berpikir bagaimana Indonesia bisa maju, sudah tinggal dinegara lain saja, tapi tidak bisa mencontoh karakter positifnya dari sistem negara jerman.

  41. Hi Semua,

    Baru juga terjadi dengan saya, kedutaan jerman menurut saya tidak bagus image nya.. mbak yang jaga loketnya judes nya minta ampun yang menjadikan image kedutaan jerman ngak bagus. Saya warga negara indonesia, emank passport saya diperpanjang di singapura waktu dulu saya pernah tinggal disana tapi saya uda tinggal di jakarta dann punya KTP, NPWP dan juga passport Hijau yang menyatakan saya warga negara indonesia, masa mereka suruh saya bikin visa di singapore.. ini mbak nya yang bodoh atau bagaimana, ngak masuk diakal masa warga negara indoensia ngak bisa apply visa jerman di negara nya sendiri. sedangkan saya baru saya dapat UK Visa yang syaratnya jauh lebih sulit dari jerman visa, saya juga pernah menjadi resident schengen sebelumn nya. mbak penjaga loketnya tidak menjelaskan dengan baik kenapa tapi judes baget saya lupa mencatat namanya, dia di loket pertama sebelah kanan. menurut saya lebih baik apply visa di negara schengen yang lain karena bebenr2 menjadikan saya punya image buruk sama jerman, saya kesana mau libruan dan menghabiskan uang tapi kejadian seperti ini membuat saya tidak mau mampir dan membelanjakan uang saya di negara tersebut. mereka harus nya melakukan pelatihan kepada karyawan nya dengan baik karena image mereka itu yaa dari karyawan tersebut seperti ini jerman memunyai ZERO COSTUMER SERVICE!

  42. Saya juga heran kenapa mbak petugas loket inu merasa punya hak membentak-bentak orang yang datang hendak mengajukan visa, kan tugasnya justru membantu. Sedangkan visa head saja meladeni saya dengan baik, kog…

  43. Mba, blum lama ini saya mengajukan visa ke italy sekitar tgl 22 feb tp di tolak dengan alasan no 8 yakni the information submitted regarding the justification for the purpose and conditions of intended stay was not reliable. Apa yg harus saya lakukan y mba cause saya akan berangkat pertengahan maret. Mohon bantuannya

  44. Pengalaman saya urus visa schengen melalui fvs swdwn ity tuch hati2 namaya widya tidak profesional pacar saya sbagai sponsor lengkap semua dia minta personbeiv aku tanya apa itu dibilang tax what padahal sudah lengkap tax untung boyfriend sabar n ngerti dia kirim personbeivnya,kedua aku kira karna pacar saya d malta kerja n kedutaan Malta tidak ada d jakarta saya kira sponsornya dari sweden aku k embassy sweden gilanya dia asal trima aja di sore hari dia telp aku tiket swedia kapan? Aku tanya pengaruh buat schengen ya saya pikir sama2 schengen aku revisi ticket tapi ke2nya dia masukin,namanya di revisi ticket pertama dambil, yg ketiga aku kerja d asuransi Prudential dia minta surat krna aku kira ada sponsor aku tanya kalo no ocupattion gmana mempengaruhi performance saya ndak dia hanya bilang tidak dminta surat saya kira kalo ada yg gampang tidak minta surat aku coret jadi no occupation gila aku baru tahu setelah visa aku dtolak dan aku complaim k fvs masalah ini dia hanya bilang say sory n tulis complain kenapa tidak dari awal kalo malta harus k negara Austria knapa setelah aku compalain baru djelasin tidak profesional aku jadi korban kebodohan fvs stupidddd aku sarankan hati2 n bertanya lebih buanyak aku baru sekali ini ngurus visa sendiri krna sudah biasa mandiri n lengkap knapa urus sendiri lebih baik trnyata kalo ktmu orang stupid ya sama aja meeka tidak bisa bantu jadilah nama saya jelek dmana kalo dtolak harus nunggu berapa bulan sebelumnya harus lebih buanyak bertanya2 n kalo masih bisa langsung k kedutaannya lebih baik tidak usah k fvs

  45. Sempat saya berpikir berapa buanyak orang visanya di tolak duit hangus kenapa tidak kembali setengah setelah alokasi dana dkurang admin or kenapa kita di mibta appeal kalo keputusannya juga mengecewakan knapa aja ndak dkasih saran kita buat apa or bagaimana way out itumah ajang cari duit secara halus kkita urus visa n berani keluar negeri urus surat2 semua buakan main main dasarrrr aku tidak terima karena kebodohan orang saya korbannnnn

Leave a Reply

CommentLuv badge

Our Guests

Tips

About The Author

KeLuar Negeri

KeLuar Negeri

Indonesian travel enthusiast. 20 countries, hundreds of cities, millions of experience. Join me and share your journey at http://www.keluar-negeri.com

View Full Profile →

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.